PERMAINAN HALAL DAN HARAM


image

Assalamu’alaykum sahabat..
Beberapa hari belakangan ini kita selalu disuguhkan berita tentang keharaman BPJS, ntah itu dari media televisi, radio, koran, majalah dan media-media lainnya.

Terus terang bagi penulis sendiri ini hal yang luar biasa yang dilakukan oleh MUI untuk mengharamkan BPJS yang notabennya merupakan perusahaan milik negara, BUMN. Penulis dengan sadar sangat-sangat mendukung ketetapan tersebut.

Aneh bin Ajaib

Yahh, negeri yang katanya mayoritas umat muslim ini, negeri yang katanya merupakan negeri umat islam terbesar didunia, malah sekonyong-konyong mempermainkan hukum islam. Kenapa? Karena ketetapan MUI tersebut malah ditentang sama umat islam itu sendiri. Semisal salah satu artis ternama inisial TP mengatakan “bagaimana kalau saya mengaharamkan MUI di indonesia”. Atau lebih ekstrim lagi salah satu organisasi muslim terbesar di indonesia bahkan mengatakan bahwa BPJS sah-sah saja dan tidak haram.

Hal ini jelas seperti permainan yang membuat keraguan bagi umat muslim yang awam atas ajaran Islam, bahkan mungkin keraguan tersebut menumbuhkan islamophobia dalam tiap diri umat hingga alergi lah mereka dengan islam yang kaffah. Na’udzubillahi

Tak hanya BPJS yang menjadi korban, pun dengan rokok. Selang beberapa tahun lalu MUI, terang terangan mengharamkan rokok. Nyatanya?? Para ulama mengabaikan dengan alasan yang berbeda, dengan alasan yang terucap untuk membela diri dengan ilmu yang dimiliki. Na’dzubillah

Benang Merah

Yah, seharusnya kita sebagai umat muslim harus bijak menyikapi keharaman tersebut. Sedari awal mungkin kita telah sepakati bahwa MUI adalah lembaga yang mengurusi hukum islam melalui fatwa baik-buruk, mubah, makruh, wajib, halal, haram dan lain sebagainya. Jika demikian menurut, patuh dengan ketetapan mungkin jauh lebih baik dari pada menentang dengan alasan untuk membela diri.

Jika kurang puas dengan ketetapan tersebut maka pahami dan pelajari, kenapa bisa MUI memfatwakan hal tersebut. Misal, MUI memfatwakan haramnya BPJS. Jika kurang puas dengan kebijakanbtersebut, maka mencari tahu sampai keakarnya jawaban kenapa dan mengapa dalam benak adalah Solusi terbaik.

Dan teruntuk ulama-ulama negeri ini, yang katanya kaya akan ilmu Illahi, cobalah untuk bertindak bijak, jangan sampai tiap ucapan membuat bingung umat, penuh dengan kebimbangan hingga menjadi acuh terhadap kebenaran.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s