Shalat Tahajud, Haruskah Kita Tidur Dahulu ??


Assalamu’alaikum wr.wb..

Shalat tahajud merupakan salah satu dari beberapa shalat sunah malam hari, hukumnya adalahSunah Muakkad yaitu sunah yang dekat dengan wajib tapi tidak wajib, oleh sebab itu Shalat Tahajud sangat dianjurkan, para muslim dan muslimah terdahulu pun menjadikan shalat ini sebagai kebiasaan bagi mereka. Hal ini dijelaskan dalam firman Allah SWT di surat Al-Isra’ ayat 79 :
17:79
Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang Terpuji.” (QS. Al Israa ” 79)
Waktu untuk mendirikan shalat malam ialah setelah shalat Isa’ dan sebelum shalat Subuh. oleh karena itu apapun shalat sunah yang dilakukan ketika setelah shalat Isa’ (kecuali Shalat sunah rawatib dua raka’at setelah shalat isa’) samapai waktu subuh tiba itu dinamakan shalat malam.
Kalau shalat Tahajud apakah beda dengan shalat malam?? tentu tidak ada bedanya karena shalat Tahajud pun bagian dari shalat malam.
Ibnu Faris berkata, “Adapun orang yang ber-tahajud (اَلْمُتَهَجِّدُ) adalah orang yang salat di waktu malam.” (Lihat Fathul Bari, 3:5, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Cet. 1, Thn. 1419 H/1998 M)
dari terjemahan tersebut dapat kita pahami bahwasannya shalat malam dan tahajud itu sama saja, karena tahajud merupakan salah satu dari shalat malam. banyak orang beranggapan bahwasannya untuk shalat tahajud kita mesti tidur dahulu, anggapan ini kurang tepat karena tidur bukanlah sebuah keharusan dan syarat syah nya shalat tahajud melainkan hanya sebuah anjuran sesuai dengan hadist di bawah ini
“Apabila kamu mengantuk ketika shalat, maka tidurlah terlebih dahulu sampai hilang rasa kantukmu. Karena bila kamu mengantuk dalam shalat, mungkin suatu ketika kamu bermaksud memohon ampunan kepada ALLAH, tetapi ternyata kamu justru memaki-maki diri kamu sendiri.”
[HR. Bukhari 205, Muslim 1309]
jadi tidur terlebih dahulu adalah anjuran bukan sebuah keharusan, karena waktu utama shalat tahajud adalah 1/3 malam agar kita tidak mengantuk saat shalat maka di anjurkanlah untuk tidur. tidur ataupun tidak tidur terlebih dahulu, shalat malam adalah ibadah yang sangat direkomendasikan karena banyak sekali keutamaannya.
semoga kita selalu dimudahkan untuk menjalankan shalat malam. ^_^..
 
Wassalamu’alaikum wr.wb.. 
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s