Bukan Moslem Tapi Muslim !!!


 Foto: baru saja admin tulis blog dengan judul "Bukan Moslem tapi Muslim" malah tadi ketemu komunitas yang make Jaket dengan tulisan "I'm Moslem"<br />Innalillahi...<br />ini membuktikan ketidak tahuan seorang muslim yang sangat mendasar..

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Sahabat, apa kabar Iman mu dihari ini? semoga kita termasuk dalam golongan orang – orang yang senantiasa meningkatkan keimanan kita, dihari ini penulis ingin sekali berbagi pengalaman tentang bagaimana cara kita menulis kata “muslim” yang benar.
Sahabat pernah tidak mendengar seseorang yang berbahasa inggris mengucapkan kata “moslem” atau ” i’m moslem”. sering sekali bukan?, kalau ditela’ah lebih lanjut kata “moslem” SALAH, harus nya ya “muslim” bukan “moslem”.
Sahabat sebenarnya kalimat itu sama saja, bila di artikan dalam inggris ke indonesia atau sebaliknya, “moslem” itu ya “muslim” hanya saja sahabat harus ingat bahwa kata “muslim” itu berasal dari bahasa Arab, bukan Indonesia ataupun Inggris.
sahabat, di jaman dulu orang barat sering menyebut pengikut Rasulullah (orang Islam/Muslim/Muslimah) dengan sebutan Mohammedans, atau Mahometans. Dalam bahasa Inggris kuno, kata ini bisanya digunakan sebagai kata benda atau kata sifat yang berhubungan dengan Nabi Muhammad, agama Islam, atau praktik ibadah yang dilaksanakan oleh umat Islam.
kata  Mohammedans, pertama kali di kenalkan pada tahun 1529 Masehi, Namun, seiring perkembangannya, para ahli bahasa menemukan adanya kejanggalan dengan penggunaan istilah itu. Mereka kemudian menyebut umat Islam dengan panggilan Moslem (Eropa) atau Mosulman di Persia. Kata ini terus berlaku hingga pertengahan abad ke-20. Dan sejumlah umat Islam pun bangga ketika mereka disebut dengan Moslem. Jadilah kata itu digunakan terus menerus, bahkan sebagian hingga saat ini.
Sahabat tau tidak makna “moslem” dalam bahasa Arab?  orang islam, ia juga sie, tapisahabat tau tidak makna “moslem” itu merendahkan umat islam, kenapa karena dalam bahasa Arab “Moslem” dan “Muslim” itu memiliki arti yang berlawanan. Dalam bahasa Arab, “Muslim” adalah orang yang tunduk dan sepenuhnya patuh kepada Allah. Dan sesuai akar katanya, Islam adalah tunduk, atau patuh. Sebaliknya kata “Moslem”, dalam bahasa Arab memiliki makna orang yang jahat atau berlaku tidak adil.
Wahh sahabat jauh sekali bukan maknanya. bahkan sangat berlawanan sekali. jadi sahabat mulai sekarang pastikan dan tanamkan dalam diri kita bahwa kita bukan lah orang “moslem” tetapi orang “Muslim”.
semoga Allah selalu bersama kita, agar senantiasa lisan ini mengucapkan hal yang baik dan tidak terpengauh oleh budaya – budaya yang justru merendahkan kita sebagai umta Muslim.
Naahhh sahabat sampai disini dulu ya, semoga bermanfaat buat kalian semua..
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s