Sombong


Assalamu’alaikum sahabat,,,

Kali ini saya akan share tentang sombong, hehe penyakit hati yang satu ini memang banyak sekali yang terkena, bahkan tanpa kita sadari. Sedikit curcol alias curhat colongan aja hehe, saya pernah tu di katain sombong sama beberapa sahabat saya, tapi sebagai manusia yang masih mencoba untuk memperbaiki diri, yaa saya Tanya langsung sama sahabat saya tadi, biar saya bisa memperbaiki diri.

Hanya saja saya tidak diberi tahu oleh beberapa sahabat saya tadi, kenapa saya dinilai sombong oleh mereka, tapi saya ga nyerah disitu, saya cari tahu sendiri aja, alias NGACA diri, nilai keburukan diri sendiri, ga apa – apa dong selama untuk memperbaiki diri hehe

Sahabat, usut punya usut ternyata sebenernya tentang penyakit hati ini Allah telah menyampaikan dalam firman-Nya di Al-Qur’an

“Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali – kali tidak bisa menembus bumi dan sekali – kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung” ( QS. Al-Israa’ : 37).

Hmm dari ayat tersebut saja jelas sekali, bahwa Allah paling gak suka tuh ama yang namanya sombong, apapun jenisnya, mau itu sombong karna gelar, jabatan, kekayaan,apalagi Ilmu pokoknya Allah ga suka ama orang yang sombong. Ini ada satu lagi firman Allah tentang sombong, dalam Al – Qur’an Allah berfirman :

“Dan jananlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong), dan janganlah kamu berjalan dimuka bumi ini dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang – orang yang sombong lagi membanggakan diri” (Qs. Lukman : 18).

Kita pasti masih inget tentang kesombongan setan terhadap Adam atau kesombongan fir’aun atas kekuasaannya, dan lihatlah betapa Allah murka terhadap syetan begitupun dengan fir’aun. Bahkan Allah lagi – lagi dengan tegas mengingatkan kita dalam firman-Nya :

“Masuklah kamu ke pintu – pintu neraka jahanam, sedang kamu kekal didalamnya. Maka itulah seburuk – buruk tempat bagi orang – orang yang sombong” ( Qs. Al – Mu’min : 76).

Hmm kalo dibilang sombong sama orang terus kita inget ayat – ayat Allah tentang yang namanya sombong, MasyaAllah,, jadi banyak – banyak istighfar karena takut Allah murka ke kita. Walaupun sebenernya penilaian orang terhadap kita itu ga berarti apa – apa, hanya Allah lah yang pantas menilai, tapi ya tetep aja sebagai seorang hamba kita mesti terus mencoba dan terus mencoba menjadi orang yang terbebas dari sifat sombong… Aamiin,, J

Tapi dengan tulisan ini, saya Cuma berharap sahabat saya membacanya, sehingga dengan begitu dia mengerti tentang begitu buruknya sifat sombong dan saya berharap sahabat saya itu bisa menjelaskan kenapa Ia bisa menilai saya sombong.. hehe biar jadi masukan positif dan saya bisa perbaikin diri..

Melalui tulisan ini pun saya berharap semoga sahabat – sahabat begitupun dengan saya pribadi, agar jauhi sifat ini, bila terkena sifat ini segera ubah biar ga sombong lagi.. lagian apa sih yang bisa kita sombongin, orang semuanya milik Allah kok, jadi kita gak berhak untuk sombong ya gak? J

Yuk mari kita jauhi sifat “SOMBONG”

Wassalamu’alaikum…

Leave a Reply

