Please, Stop “NGELUH” Hujan!!


Assalamu’alaikum sahabat,,

Sahabat pernah gak denger salah satu teman, sahabat, saudara kita, atau secara tanpa kita sadari sering sekali mengeluh soal ketika musim penghujan datang? Tentu pernah bukan, sebenarnya coretan tentang hujan ini sudah saya singgung di posting wordpress saya yang berjudul “Memahami Rahmat Allah” , tapi ya, karena saya juga masih suka ngeluh dan banyak status – status galau alias ngeluh sahabat – sahabat saya terutama dijejaring sosial, yang ngeluh nya itu karena hujan, jadi saya postingin lagi nie coretan – coretan saya tentang makna hujan sesungguhnya, agar bisa ingetin sahabat – sahabat dan yang lebih penting ingetin saya juga, biar ga kufur nikmat..

Pasti sahabat bertanya “Lahhh kok jadi kufur nikmat, emang apa hubungannya hujan dengan kufur nikmat?”, hehe Jelas sekali berhubungan. Kenapa? Ya karena hujan adalah salah satu Rahmat alias rohman atau wujud kasih saying Allah kepada makhluk ciptaannya. Ga percaya? ini bukti nya, Dalam Al-Qur’an Allah SWT berfirman :

الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الْأَرْضَ مَهْدًا وَجَعَلَ لَكُمْ فِيهَا سُبُلًا لَّعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

“Dan yang menurunkan air dari langit menurut kadar (yang diperlukan) lalu kami hidupkan dengan air itu negeri yang mati, seperti itulah kamu akan dikeluarkan (dari dalam kubur).” (QS. Az-Zukhruf : 11)

 

“ Allah, Dialah yang mengirimkan angin, lalu angin itu menggerakkan awan dan Allah membentangkannya di langit menurut yang dikehendakinya, dan menjadikannya bergumpal – gumpal: Lalu kamu lihat hujan keluar dari celah – celahnya, maka apabila hujan itu turun mengenai hamba – hamba nya yang di kehendaki Nya, tiba –tiba mereka jadi gembira” (QS. Ar-Rum : 48 )..

Tuh,, baca ayat – ayat di atas, betapa hujan merupakan rahmat bagi alam semesta sebagai wujud kasih sayang Allah ke kita-kita semua.  Bahkan di surat Ar-Rum ayat 48 jelas sekali, sebagai umat beragama yang meyakini ke Esa an Allah SWT, seharusnya kita bahagia / gembira karna telah datang rahmat Allah untuk kita, bukannya ngeluh,,

Gimana? Masih belum percaya juga? Nii tak kasih lagi firman Allah dalam Al-Qur’an.

“Dan Dialah Yang menurunkan hujan sesudah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmat-Nya. Dan Dialah yang maha pelindung lagi maha terpuji” (Qs.Asy-syuura : 28)

hujan-deras

gambar hujan deras, yang selalu bikin kita mengeluh akan hadirnya

“Dan kami turunkan dari langit air yang penuh keberkahan, lalu kami turunkan keberkahan itu pohon – pohon dan biji – biji tanaman yang di ketam” (Qs. Qaaf : 9)

“Dan dari air kami  jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?” (Qs. Al – Anbiya’ : 30)

Astaghfirullahal’adzim….

Sahabat, kalo ngebaca ayat – ayat diatas rasanya kok saya bener –bener seorang hamba yang gak bersyukur atau malah jadi kufur atas nikmat – nikmat yang Allah kasih ke saya, gimana gak. Tuh liat aja kalo kita lagi dijalan trus tiba – tiba hujan, terkadang jadi kesel sendiri dibuatnya apa lagi ditambah dengan M.A.C.E.T. huaaaaaaaaa sudah pasti ngeluh dibuatnya. Atau saat cucian kita banyak dan kita ga bisa jemur pakaian itu karena hujan, padahal besok pakaian nya mau dipake, wahhhh jadi bilang gini “ Ya Allah kenapa hujan sie..” / “ BT loh hujan terus…”/ “ yaelah hujan lagi, padahal nie baju mau dipake besok”.  Astaghfirullah…… mesti banyak –banyak istghfar kalo ingetinnya…

bagaimana dengan sahabat? Semoga apa yang saya rasakan ini sama dengan apa yang sahabat rasakan.. sehingga kita sama – sama ubah kebiasaan buruk kita tadi, jadi kalo datang hujan ya setidaknya gak ngeluh dan ucapkan Alhamdulillah, syukur-syukur sambil do’a, lagian kan berdo’a saat hujan itu di ijabah ma Allah,,

yuk mari mulai dari sekarang kita bersyukur atas salah satu nikmat dan rahmat Allah yang satu ini dan PLEASE, STOP “NGELUH” HUJAN…

Mulai SEKARANG ya.. hehe..

Wassalamu’alaikum…..

 

Sumber : islamislogic.wordpress.com . vanrheksa.wordpress.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s