Kotornya Selat Sunda Kini


Assalamualaikum sahabat,,

Kali ini saya sedikit share tentang selat sunda,sedikit info sebelumnya  Alhamdulillah saya asli orang lampung, tapi selama tujuh tahun ini saya menetap di bandung untuk menuntut ilmu,  setahun sekali saya pulang kampung, ya jelas pastinya lewat selat sunda menggunakan kapal kargo.

Salah satu kapal di pelabuhan merak – bakau heuni (selat sunda)

Selama 7 tahun itu, lebih dari 10 kali saya pulang pergi antara lampung dan bandung, dan setiap saya melewati selat sunda selalu saya perhatikan ada perubahan setiap tahun nya di selat ini.

Teman – teman tau ga apa yang berubah???  Ya,, teman – teman bener, selat sunda makon tahun makin kotor. Mending kotornya karena factor alam, missal dari dedaunan disekitar pantai. Lah ini sampah nya sampah factor manusia, begitu banyak sampah pelastik misalnya saja botol minuman, sampah bekas makanan seperti mie instan, punting rokok dan bungkusnya, pelastik asoy alias kresek, pokoknya macem-macem sampah ada di selat kebanggaan provinsi Lampung dan Banten ini.

Kurangnya kesadaran manusia akan pentingnya kebersihan dan menjaga alam serta membuang sampah pada tempatnya ini lah yang menjadi factor utama mengapa selat sunda sekarang menjadi kotor. Lihat saja, setiap penumpang kapal kargo, buang sampah langsung ke selat. Wajar saja selat menjadi kotor, padahal setiap kapal selalu ada rambu-rambu pemberitahuan “DILARANG BUANG SAMPAH KE LAUT” tapi kayaknya orang (oknum) Indonesia GA BISA BACA kali ya,, makanya tu rambu-rambu peringatan ga berfungsi dengan baik. Atau emang dasar GA MAU TAU alias GA PEDULI,, giliran terjadi bencana aja,, langsung dah saling nyalahin satu sama lain…

Huuuhhhh,,  sahabat yuk mari kita saling sadar akan kebersihan, buang sampah pada tempatnya, kan kalo lingkungan kita bersih, alam dijaga dengan baik, enaknya bakal dirasain ma kita-kita juga..

Lagian kita mesti INGET apa yang Allah firmanin ke kita melalui Al-Qur’an,, bahwasannya kita itu di jadikan khaliffah di muka bumi ini.. kita di amanahin buat ngejaga nie bumi, jadi mesti bener-bener dijaga tu amanahnya, kan amanahnya  langsung dari Allah SWT..

Inget ya jangan lagi – lagi buan sampah sembarangan.. bikin kotor lingkungan..

Ini juga berlaku buat saya,, sambil ngaca diri ya sambil ingetin temen-temen juga ..hehehe..

Mudah-mudahan bermanfaat..

Wassalamu’alaikum….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s