sunnah Rasulullah..


Assalamu’alaikum wr, wb..

wahai saudara seiman, apa kabar iman mu hari ini? semoga senantiasa dalam tingkatan keimanan yang tinggi…

sahabat, dihari selasa kemarin, ketika MOVER (Moslim Everlasting) salah satu komunitas dakwah di bandung mengadakan suatu pengkajian Al-Qur’an yang di isi oleh sahabat Muhtar, membahas tentang sunnah ala Rasulullah, disitu saya baru mengerti bahwasannya tidak semua yang rasul lakukan itu disunahkan(diikuti) oleh umatnya, hanya perkataan, tindakan dan perannya yang berkaitan dengan Al-Qur’an saja yang disunnah kan, dengan kata lain sunnah Rasulullah itu merupakan bagian dari isi Al – Qur’an. Dalam pengkajian selasa , 29 april kemarin, k’ muhtar mengungkapkan bahwasannya sunnah Rassul di bagi menjadi tiga, yaitu :

1. sunnah Qoiiyah yaitu perkataan rassulullah yang sesuai dengan AlQ-Qur’an ini sesuai dengan surat An-Najm ayat 3-4 yang berbunyi “dan tiadalah yang diucapkannya itu (Al-Quran) menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya)”.
selain itu tidak disunnahkan, contohnya Dalam riwayat Bukhari dan Muslim menceritakan bahwasannya Nabi Muhammad saw pernah mengharamkan dirinya minum madu untuk menyenangkan hati istri-istrinya. Dalam surat At-Tahrim ayat satu Allah secara terang-terangan menegur Nabi Muhammad, ayat tersebut berbunyi :
“Hai Nabi, mengapa kamu mengharamkan apa yang Allah halalkan bagimu; kamu mencari kesenangan hati isteri-isterimu? Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”(At-Tahrim : 1)
maka jelas Hal seperti ini tidak di sunnahkan

2. sunnah At-‘aliyah yaitu perbuatan dan tindakan Rasulullah yang sesuai dengan Al-Qur’an. contoh nya ya sholat selain sholat fardhu (sholat sunnah), puasa selain dibulan suci ramadhan (puasa sunah), dakwah dan sebagainya. hal ini sesuai dengan surat Al-Fath ayat 29 yang berbunyi : “Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. Kamu lihat mereka ruku’ dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mukmin). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh di antara mereka ampunan dan pahala yang besar”.

3. sunnah Takhiriyah yaitu berhubungan tugas dan peran Rasulullah yang sesuai dengan AlQur’an ( maaf untuk yang ini penulis lupa surat n ayat berapa yang mendukung Takhiriyah ini, yang jelas pada inti nya sunnah ini pun sama dengan kedua sunnah di atas, tapi lebih kepada peran dan tugas nya 🙂 ).

Nah sahabat mungkin hanya ini yang bisa penulis share tentang kajian rutin di komunitas MOVER (Moslim Everlasting) dihadi selasa 29 april kemarin, semoga bermanfaat buat sahabat-sahabat.

terimakasih, Assalamu’alaikum wr. wb.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s