Memahami Rahmat Allah SWT


....

Assalamu’alaikum Wr,Wb

Sahabatku apa kabar hari ini? semoga Allah senantiasa selalu bersama kita. Hari ini tepat nya di jam 9.32 wib saya mendapatkan sms dari salah satu adik saya yang benama Shelina. Isi sms itu adalah ia bertanya tentang Rahmat Allah SWT untuk hamba-hamba nya, oleh sebab itu hari ini kita bahas tentang Rahmat Allah yang begitu luas.

Pengertian Rahmat Allah itu luas tergantun kita memahaminya seperti apa, tapi kalo menurut saya Rahmat Allah itu adalah suatu pemberian dari Allah berdasarkan kasih sayang-Nya terhadap kita sebagai hamba-hamba-Nya. Rahmat Allah itu banyak sekali beberapa contoh nya:

  1. Kesedihan/Masalah yang dihadapi
    kenapa demikian? karena Mungkin sudah banyak orang yang mengerti namun tidak sedikit juga orang yang tak mengerti dan ada pula orang yang mengerti tapi tak mengerti. Orang yang mengerti sudah jelas dia akan tetap tersenyum meski pahit yang di terima,dia akan terus tetap bersyukur meski yang di terima/di dapat tidak sesuai dengan yang dia harap
    kenapa demikian? Itu semua karena dia tahu bahwa yang tahu terbaik untuknya hanyalah Allah Azza Wa Jalla dan Allah dengan masalah yang kita hadapi akan meninggikan derajat kita di sisi-Nya.
  2. HujanSeperti firman allah :
    الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الْأَرْضَ مَهْدًا وَجَعَلَ لَكُمْ فِيهَا سُبُلًا لَّعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ
    “Dan yang menurunkan air dari langit menurut kadar (yang diperlukan) lalu kami hidupkan dengan air itu negeri yang mati, seperti itulah kamu akan dikeluarkan (dari dalam kubur).” (QS. Az-Zukhruf : 11)
  3. Al-Qur’anseperti yang Allah firmankan : “Dan Kami menurunkan dari Al Qur’an itu sesuatu yang berupa Rahmat bagi orang-orang mukmin, Namun Al Qur’an itu tidak memberi nilai tambah bagi orang-orang yang dzalim kecuali kerugian
    (Al Isro : 82)

Ayat-ayat al-Quran dan Hadis-hadis Ahlulbait as, menginformasikan kepada kita bahwa dosa yang menyelimuti diri kita, baik yang tampak maupun yang tersembunyi, merupakan sebuah penyakit yang diderita oleh manusia. Dan penyakit tersebut tentunya dapat diobati dan dapat berada dalam naungan rahmat dan pengampunan Allah Swt. Orang-orang yang berdosa harus berusaha semaksimal mungkin  untuk mengeluarkan dirinya dari lubang berbahaya ini, dan mereka harus mempunyai harapan bahwa Allah Swt akan mengampuni dosa hamba-hambanya yang bertaubat. Dengan bersandar kepada harapan positif ini, mereka harus tobat dengan sungguh-sungguh dan kembali kepada Allah Swt, serta mengganti kesalahan yang telah ia perbuat. Manusia mampu melakukan hal ini. Bahkan, aksi tobat dan kembali kepada Allah serta mengganti kesalahan yang telah diperbuat, merupakan sebuah kewajiban. Dan sebaliknya, kelemahan tekad dan sikap putus asa atas rahmat dan ampunan Allah Swt, adalah haram dan sama dengan kekafiran.

Terkait hal ini, Allah Swt dalam al-Quran, berfirman,

يا بَنِيَّ اذْهَبُوا فَتَحَسَّسُوا مِنْ يُوسُفَ وَ أَخيهِ وَلا تَيْأَسُوا مِنْ رَوْحِ اللهِ إِنَّهُ لا يَيْأَسُ مِنْ رَوْحِ اللهِ إِلاَّ الْقَوْمُ الْكافِرُونَ

“Hai anak-anakku, pergilah kamu, carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya, dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir.” (QS. Yusuf : 87)

Tentu saja, seseorang yang berharap meraih ampunan dan rahmat Allah Swt, harus melakukan hal-hal penunjang yang dapat mewujudkan harapan tersebut, seperti penyesalan yang sungguh-sungguh atas segala dosa, meninggalkan dosa, mengganti kesalahan yang telah diperbuat, mengembalikan hak orang-orang yang telah diambil, menunaikan ibadah-ibadah yang telah ditinggalkan, dan memperbaiki tingkah laku.

munkin itu yang saya sampaikan tentang Rahmat Allah, sedikit penjelasan saya tentang rahmat Allah, masih banyak lagi yang kita harus pahami tentang rahmat Allah .. yang jelas kita harus pandai bersyukur apapun nikmat yang Allah kasih buat kita. Terimakasih.

Advertisements

4 responses to “Memahami Rahmat Allah SWT

  1. Pingback: Please, Stop “NGELUH” Hujan!! | vandu bayu rheksa·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s